Berita

Trivia: Semir Ban, Aman Ngga Ya?

Penampilan sepeda motor tunggangan pasti jadi salah satu hal yang penting buat kita para Corsa Riders. Salah satu bagian yang selalu jadi perhatian adalah ban. Namun, komponen ini menjadi salah satu bagian yang melakukan kontak langsung dengan medan jalanan yang basah dan berdebu sehingga bagian ban dan kaki kaki menjadi kotor. Biasanya Corsa Riders pastinya akan mengandalkan semir ban untuk mengembalikan penampilan “dandy” motor kesayangan.

Corsa Cross S
Corsa Cross S on Suzuki Thunder 250 FTXS

Bagian sidewall biasanya dipoles menggunakan cairan pengkilat yang mengandung silicon atau bahan kimia lainnya. Kedua jenis semir ban ini punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Biasanya semir dengan bentuk cairan mengandung silikon, kandungan silikon dalam semir ban memang mampu membuat ban lebih mengkilap. Namun, kandungan silikon ini juga bisa merusak permukaan ban bila digunakan dalam jangka Panjang, lho. Karena, silikon bisa membuat ban rentan mengalami keretakan. Terlebih, zat silikon tersebut akan membuat ban menjadi lebih licin sehingga membahayakan.

nnup1fg81a_201808217O1A0477

Jenis lainnya yaitu semir ban berbentuk busa, bisa dibilang lebih baik dibanding yang berbentuk cair karena semir ban berbentuk busa mengandung aerosol yang lebih ramah terhadap kondisi ban, sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan dan menjadi lebih tahan lama.

Jadi, perhatikan komposisi semir ban pilihan kamu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan pastikan motor kamu selalu tampil prima, Corsa Riders.