Berita & Tips

Tips Memilih Ban Motor Luar

Hello Corsa Riders! Memilih ban luar motor memang keputusan yang terkadang susah bagi para pengendara motor karena ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti harga dan kualitas. Pada dasarnya, ban luar memegang peranan yang penting untuk keselematan si pengendara. Dengan bertambahnya kecelakaan pengendara motor yang diantaranya disebabkan oleh ban sepeda motor yang mengalami selip dan tiba-tiba pecah. Maka dari itu, kita akan memberi kalian beberapa tips dalam memilih ban luar motor

1. Kenali Merek Ban Yang Dapat Dipercaya

Walaupun banyak produsen mengatakan bahwa merek ban laur buatannya mempunyai kualitas yang terbaik. Kenyataannya, kepercayaan terhadap suatu merek tidak bisa dimanipulasi. Jadi, cara mudah untuk menentukan apa merek ban motor yang bagus adalah dengan menonton event kejuaraan motor, baik di skala nasional maupun skala Internasional. Contoh yang dapat diambil adalah ban motor tangguh merek Corsa yang seringkali mensponsori event-event seperti Motocross, Matic Race dan sebagainya. Dapat dipastikan kalau ban-ban yang dipakai oleh para pembalap profesional selalu mempunyai reputasi dan kualitas yang tinggi.

100% Banten Corsa Matic Race yang disponsori oleh merek Corsa
100% Banten Corsa Matic Race yang disponsori oleh merek Corsa

2. Fokus Pada Kebutuhan Si Pengendara

Banyak sekali variasi ban luar motor yang dijual di pasaran. Dari beragam pilihan tersebut, kita harus menentukan terlebih dahulu untuk apa ban tersebut digunakan. Kalau kalian ingin menggunakan untuk sehari-sehari, Corsa menyediakan pilihan ban seperti S88, SS09T, ST08 dan R26. Sementara untuk Touring, Corsa juga menyediakan pilihan ban seperti S01, S123, SS18, dan R99. Jika tipe ban luar yang dipakai tidak sesuai dengan fungsinya, maka motor kalian tidak akan terasa nyaman dan penggunaan bahan bakar akan menjadi boros.

3. Perhatikan Kondisi Jalan Yang Dilalui

Apabila kalian terbiasa melalui jalan di area kota yang kondisinya kering, pilih lah ban luar motor yang mempunyai daya cemgkeram bagus untuk jalan kering. Sama sebaliknya apabila kalian sering melalui jalan yang curah hujannya tinggi, maka lebih baik apabila kalian menggunakan ban yang khusus untuk jalanan basah dan berdaya cengkeram bagus untuk jalan basah.Namun, apabila kalian melintasi jalan yang tidak rata dan belum diaspal, maka sebaiknya kalian menggunakan ban tipe off-road seperti Corsa MT-Cross X dan MT Cross R.

IMG_0315

4. Ukuran Ban dan Velg Sesuai

Ukuran ban yang kalian pilih harus sesuai dengan ukuran velg sepeda motor yang kalian miliki. Ukuran tersebut tidak boleh terlalu besar atau terlalu. Jika salah, maka daya cengkeram ban selama perjalanan kalian akan berkurang. Contoh yang salah yaitu memasang ban 130/70 jika standar yang dikeluarkan dari pabrik adalah 90/90. Boleh saja kalian meningkatkan ukuran ban asalkan upsize yang kalian ambil tidak lebih dari dua tingkat ukuran

5. Lihat Tanggal Pembuatan Ban

Semua produk ban motor tentunya memiliki waktu produksi dan dari tanda itum kalian akan tahu mutu ban motor seiriing berjalannya waktu. Jadi, kalian harus jeli dalam pemilihan ban motor baru kalian berdasarkan tanggal produksinya. Kalian dapat mengetahui tanda produksi ban motor Corsa yang tertera pada sidewall ban motor tersebut. Contoh dari tanda tersebut yaitu kode 1316 yang mempunyai arti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-13 tahun 2016. Semakin baru ban tersebut, makin tinggi pula kualitasnya dan dapat lebih dipercaya.

20160728_153323

Jadi Corsa Riders, itu lah tips-tips yang dapat kalian ambil dalam memilih ban luar motor yang tepat dan efisien. Jangan sampai kalian keliru dalam memilih ban motor yang nantinya akan kalian gunakan dalam jangka waktu yang lama untuk perihal kenyamanan dan keselamatan. Untuk melihat spesifikasi produk Corsa, kalian bisa kunjungi website kami di www.corsatire.co.id dan melihat berbagai updates menarik lainnya di media sosial kita di Instagram, Facebook dan Twitter.