Berita

Tips Membawa Motor Matic di Musim Hujan

18823982_mWaspada akan bahayanya berkendara di saat musim hujan, Corsa Riders!

Tidak terasa sebentar lagi Indonesia akan memasuki musim penghujan. Hal ini sering menjadi kendala bagi para pengendara motor di seluruh penjuru nusantara. Bukan hanya repot harus memakai jas hujan, genangan air berlebih di badan jalan atau banjir sudah menjadi pemandangan yang tak lepas di mata para pengendara. Hal ini tentu menyebabkan banyak permasalahan, mulai dari aktivitas terganggu karena jalan tertutup, hingga mesin motor yang mogok akibat kemasukan air. Berikut beberapa bagian dari motor yang harus diperhatikan dikala musim hujan.

1. CVT (Continuous Variable Transmission)

36840470_mCVT sangat rentan terhadap water damage

CVT merupakan jenis transmisi yang melekat pada motor matic saat ini. Meski tertutup rapat, genangan air yang cukup tinggi masih bisa membuat komponen CVT kemasukan air. Hal yang sebaiknya kamu lakukan jika motor kamu mogok karena terendam banjir adalah cari tempat yang aman untuk membuka tutup CVT kamu dan keluarkan airnya hingga kering. Jika kamu mengoperasikan motor kamu secara langsung tanpa mengeringkannya terlebih dahulu dapat mengakibatkan CVT kamu rusak.

2. Mesin

11185659_mHati-hati ketika memarkir motor mu di daerah yang rawan banjir

Jika motor kamu sering melewati genangan air yang tinggi, ada baiknya kamu mempercepat penggantian oli mesin, lalu jangan lupa mengecek busi kamu, dan filter udara kamu, jangan sampai busi kamu kotor dan filter udara kamu tersumbat akibat kotoran yang menempel dari genangan air tersebut, sehingga motor kamu susah untuk dinyalakan maupun terganggu saat dioperasikan.