Berita

Penyebab Ban Kempes Selain Tertusuk Paku

Ban kempes saat berkendara pasti sangat menjengkelkan. Biasanya para riders akan menyalahkan paku atau benda tajam sebagai kambing hitamnya. Namun ternyata ada hal lain  yang dapat menyebabkan ban motor kamu kehabisan angin loh bro!. Yuk, kita simak penyebab-penyebab ban kempes, selain karena tertusuk paku:

01crleav1a_20161122DSC_3654

  1. Kurangnya Tekanan Angin

Seeiring berjalannya waktu, partikel udara dalam ban akan menyusut. Hal ini lah yang membuat tekanan angin berkurang. Saat hal ini terjadi, lipatan akan terbentuk di dinding samping ban. Akibatnya ban tidak mampu menahan beban sepeda motor. Untuk menghindari hal ini terjadi lakukanlah pengecekan tekanan angin mininal sebulan sekali.

  1. Penggunaan Ban Tipis

Apabila pemakaian sudah lama hingga kondisi ban menipis. Segera ganti ban motor kamu untuk menghindari kebocoran. Karena ban yang permukaannya sudah tipis akan lebih lemas tertusuk oleh benda tajam.

  1. Benda Asing Diantara Ban Dan Velg

Salah satu penyebab kempes ban sepeda motor yang cukup mengejutkan adalah butiran pasir yang menumpuk. Hal ini terjadi saat pasir menempel di antara ban dan velg sehingga menimbulkan celah antara ban ke velg. Hal tersebut menyebabkan angin keluar secara perlahan yang dapat berujung pada ban kempes. Lakukan lah permbersihan secara rutin pada daerah ban dan velg motor kamu untuk menghindarinya.

  1. Kendornya Pentil

Pentil ban berperan sebagai tempat masuk dan keluarnya angin dari ban. Apabila terjadi kekendoran, maka angin dapat keluar secara perlahan dari daerah pentil. Untuk mengetahui adanya kebocoran pada daerah pentil, kamu dapat membasuh air sabun pada daerah pentil ban. Apabila ada gelembung maka terdapat kebocoran halus.

  1. Kualitas Ban

Pada akhirnya, pilihan ban berkualitas baik juga dapat menghindarkan kamu dari kebocoran ban saat berkendara. Karena ban berkualitas lebih kuat menghadapi ancaman benda tajam. Kualitas sebuah ban motor dapat terlihat hasil uji kualitas Nasional (SNI) dan Internasional. Kualitas ban motor Corsa sudah terbukti tangguh, terlihat terpenuhinya sertifikat uji kualitas SNI dan ISO 9001:2000

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu tidak mengalami pusing akibat dari ban yang tiba-tiba kempes saat sedang berkendara.. Stay safe and happy riding bro!