Berita

Kunjungan Kehormatan Presiden Guinea Alpha Conde ke Pabrik Ban Multistrada

Jakarta, 1 Agustus 2016 – PT Multistrada Arah Sarana Tbk (BEI: “MASA”) salah satu produsen ban nasional terbesar di Indonesia menerima kunjungan Presiden Guinea  Alpha Conde beserta delegasi dalam rangka memperkenalkan industri unggulan Indonesia menjelang World Islamic Economic Forum ke-12 di Jakarta.

Guinea visit

Wakil Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk Sukarman mengatakan menyambut baik kunjungan kehormatan yang dilakukan oleh Presiden Guinea Alpha Conde. “Selaku produsen ban nasional kita memiliki kapasitas produksi ban mobil sebanyak 28.500 unit/hari dan ban motor sebanyak 16.000 unit/hari yang dihasilkan oleh pabrik ban Multistrada yang terletak Cikarang seluas 55ha dan merupakan pabrik ban terbesar di Indonesia.”

Ditambahkan, 70% hasil produksi ban Multistrada terutama Achilles telah diekspor ke manca negara seperti kawasa Amerika Serikat, Eropa, Jepang, Asia Tenggara, Australia dan kawasan Timur Tengah dan Perseroan juga berharap dapat memperluas pasar ke negara-negara potensial guna meningkatkan pangsa pasar ekspor ban Multistrada.

Guinea visit 2

Berdasarkan data Kementerian  Luar Negeri Republik Indonesia, total perdagangan RI dan Guinea terbilang potensial. Indonesia selalu mengalami surplus selama beberapa tahun terakhir. Selain itu impor ban di Guinea juga terus mengalami peningkatan setiap tahun. Total impor ban di Guinea mencapai USD22,83 juta atau meningkat 66,4% sejak 2011.

Kunjungan Presiden Guinea Alpha Conde ke pabrik ban Multistrada merupakan rangkaian site visit yang diatur oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk memperkenalkan industri yang menjadi unggulan Indonesia.

Hal tersebut dilakukan menjelang pembukaan World Islamic Economic Forum yang akan diadakan di Jakarta pada 2 Agustus hingga 4 Agustus sekaligus melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Sekilas mengenai PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA)

PT Multistrada Arah Sarana Tbk (BEI: MASA) merupakan salah satu emiten ban nasional terbesar di Indonesia. Produk ungulan Perseroan adalah Achilles untuk produk ban mobil (Passenger Car/ PCR) dan Corsa untuk ban motor (Motor Cycle/ MC). Saat ini Perseroan memiliki kapasitas produksi sebesar 10 juta unit ban per tahun untuk PCR dan 6 juta unit ban per tahun untuk MC yang dihasilkan melalui pabrik di atas lahan seluas kurang lebih 55 ha – salah satu terbesar di Indonesia. Tahun 2016, perseroan menargetkan pendapatan tumbuh 10-15% dengan menyesuaikan kapasitas produksi melalui debottlenecking project.

Saat ini, sekitar 70% produk ban mobil diekspor ke lebih dari 90 negara tujuan sedangkan 30% dialokasikan untuk pasar lokal. Sementara untuk ban sepeda motor, hampir seluruhnya ditujukan untuk konsumsi pasar lokal.