Berita

Achilles – Corsa Gelar United Training ke-III: 60 Anak Terpilih Akan Dilatih Pelatih Manchester United Academy di Bali

Jakarta – PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (Kode Emiten BEI: “MASA”) selaku produsen ban nasional merek Achilles (ban mobil) dan Corsa (ban motor) kembali menggelar Achilles-Corsa United Training 2016 untuk ketiga kalinya. Program CSR ini merupakan bentuk kepedulian Achilles-Corsa atas pengembangan bakat anak Indonesia khususnya di olahraga sepakbola yang kurang mampu secara ekonomi.

“Salah satu tujuan Achilles & Corsa konsisten dalam program sepakbola ini adalah untuk memberikan harapan bagi anak-anak Indonesia untuk meraih cita-cita dan masa depan dimulai dari sportifitas sepak bola.” ungkap Presiden Direktur Multistrada Pieter Tanuri di Jakarta.

Pieter Tanuri menambahkan, “Program United Training merupakan hasil kolaborasi antara Multistrada selaku produsen ban Achilles dan Corsa dengan klub sepakbola kelas dunia, Manchester United dan Kick Andy Foundation yang kini telah memasuki tahun ketiga.”

Dari kanan: Indra Sjafri (Coach Bali United); Pieter Tanuri (Presiden Direktur Multistrada); Andy F. Noya; Yabes (Pemain Bali United)
Dari kanan: Indra Sjafri (Coach Bali United); Pieter Tanuri (Presiden Direktur Multistrada); Andy F. Noya; Yabes (Pemain Bali United)

Tahun 2016 United Training memperkenalkan format baru dengan memilih lebih banyak talenta muda sepakbola yakni 60 anak, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebanyak 30 anak. Mereka akan mendapatkan pelatihan sepakbola kelas dunia bersama pelatih dari Manchester United di pusat pelatihan United Training, Bali pada 11 hingga 18 Mei 2016.

Jajaran pelatih yang akan membina United Training 2016 diantaranya; tiga pelatih dari Manchester United Foundation, Inggris yakni Pelatih Kepala (Head Coach) Dave Chapman, dibantu oleh Chris Dearden dan Luke Morgan. Sedangkan pelatih nasional yang turut menggembleng mereka adalah mantan Pelatih Kepala tim nasional U-19 dan Pelatih Kepala Bali United, Indra Sjafri.

Pada tahun sebelumnya, para pelatih MU Academy tersebut hanya melakukan seleksi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada 5-6 anak yang lolos seleksi nasional di MU Soccer Academy di Inggris.

“Kini mereka akan memberikan pelatihan secara langsung kepada 60 anak pra-sejahtera yang memiliki talenta sepakbola di Indonesia. Sehingga semakin banyak putra bangsa yang dapat meraih mimpi dan merasakan pengalaman sekali seumur hidup untuk dilatih oleh pelatih dari klub dunia kenamaan Manchester United!” papar Pieter Tanuri.

Keenam-puluh anak tersebut yang berasal dari Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Papua merupakan hasil seleksi nasional yang dilakukan bersama-sama Kick Andy Foundation melalui Gerakan Sejuta Bola pada gelaran United Training tahun pertama dan kedua. Dimana program tersebut menyasar kandidat muda dari golongan pra sejahtera dengan rentang usia 8 sd 16 tahun untuk diikutsertakan dalam United Training di Bali.

“Dengan demikian, mereka yang gagal pada periode pertama dan kedua tetap berkesempatan untuk dilatih oleh pelatih Manchester United di Bali. Seleksi United Training tidak semata berdasarkan keterampilan sepakbola tetapi juga menilai atribut mental positif (soft skill) sang Anak. Dengan harapan, bekal skill sang anak yang semakin terasah akan didukung oleh sikap dan mental yang lebih baik lagi seperti semangat pantang menyerah,” jelas Andy Noya, Ketua Yayasan Kick Andy.

1522

Pada tahun pertama, program CSR ini berhasil menjangkau lebih dari 400 Sekolah sepak bola (SSB) di hampir seluruh pelosok Indonesia sedangkan sepanjang 2015 lalu, berhasil menjangkau nyaris 600 SSB di seluruh Nusantara. Di akhir masa pelatihan, United Training akan memilih 10 pemain terbaik yang akan mendapatkan tabungan beasiswa dan piala dari Achilles Corsa dan Kick Andy Foundation.

Sepakbola merupakan olahraga terpopuler di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Facebook dalam salah-satu penelitian di antara penggunanya, menempatkan Indonesia dalam peringkat tiga dalam lima besar negara dengan basis penggemar terbesar di laman Facebook tersebut. Dimana Indonesia menempati peringkat ketiga setelah Brazil dan Amerika Serikat.

Achilles Corsa sebagai produk ban unggulan Multistrada selalu berusaha mendekatkan diri dengan basis komunitas yang selama ini juga menjadi target pasarnya, seperti dukungan sponsorship di kegiatan-kegiatan olahraga seperti otomotif (King of Drift, Balap Touring, One make Race) dan sepakbola yang memiliki basis penggemar yang sangat tinggi, khususnya anak muda.

“Kami tidak hanya melihat secara bisnis. Kami ingin memberikan sumbangsih atas perkembangan prestasi anak bangsa di berbagai bidang seperti olahraga sepakbola dan otomotif. Ini merupakan sumbangan kecil dan kami bangga jika anak-anak muda Indonesia berhasil menorehkan prestasi di tingkat internasional pada masa mendatang.” Jelas Pieter Tanuri.

United Training juga merupakan media untuk penanaman nilai-nilai positif kehidupan, serta memberi kesempatan anak-anak untuk dapat melihat dunia luar dan membangun cita-cita.

“Program ini merupakan contoh kepada seluruh generasi muda untuk tetap giat berusaha dan berdoa untuk meraih mimpi. Karena bersama Achilles Corsa, We Make Dreams Come True.” Tutup Pieter Tanuri, Presiden Direktur Multistrada dalam paparannya kepada media hari ini.